cool hit counter

PDM Kabupaten Karo - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Karo
.: Home > Artikel

Homepage

MEMBANGUN DAKWAH KARO DIMULAI DARI KETIDAKHADIRAN MTQ DISERGAI

.: Home > Artikel > PDM
14 Mei 2012 20:40 WIB
Dibaca: 1098
Penulis :

 

.Diskusi yang dilaksanakan Forum Komunikasi antar Lembaga Dakwah kab.Karo pada hari ini ( 12 Mei 2012) di masjid Istikhrar Berastagi lumayan cukup memuaskan Diskusi yang diikuti oelh pimpinan ormas Islam dan tokoh Islam dan pemerhati dakwah serta generasi muda berjalan dengan penuh semangat. Pertemuan ini dilakukan dalam rangka menyikapi ketidakikutsertaan Kab.Karo dalam MTQ Tingkat sumatera Utara di Sergai.

 

Pak Ilyas Tarigan, melihat ketidakikutsertaan Kab.Karo dalam MTQ di Sergai malah sesuatu yang ada nilai positifnya. Artinya ketidakikutsertaan tersebut telah membuat mata kita semua tentang betapa lemahnya kondisi dakwah kita. Betapa kurangnya koordinasi antar kita, betapa rendahnya kepedulian kita, sehingga kita baru tahu Kab.Karo tidak mengirimkan utusannya itupun kita peroleh dari teman-teman kita dari kabupaten lain.

 

Diawal diskusi, semua peserta diskusi mengeluarkan uneg-unegnya,khususnya ketidakpuasan atas tidak dikirimnya utusan MTQ Karo ke Sergai. Masalah ngak ada biaya bukanlah sebuah alasan sehingga Kab.Karo tidak mengirimkan utusannya. Kantor Kementerian Agama sebagai pelaksana teknis kegiatan MTQ tentu lembaga yang bertanggungjawab walaupun tidak 100%.Apalagi imformasi yang diterima bahwa lembaga LPTQ yang seharusnya berperan sampai saat ini kepengurusannya tidak jelas.

 

Tetapi sudahlah kita tidak saatnya untuk mencari siapa yang salah atau siapa yang bertanggung jawab. Yang penting bagi kita ( Ummat Islam) ke depan ini tidak lagi tyerjadi. Sekali lagi mari kita ambil hikmahnya, bahwa masalah MTQ ini membuat kita bisa duduk bersama dan menatap dengan jernih permasalahan dakwah kita Kab.Karo.

 

Ada dua hal yang ditawarkan solusi khususnya tentang pelaksanaan MTQ di Kab.Karo :

 

Pertama, hasil diskusi ini disampaikan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama. Kekecewaan ummat harus didengar dan diketahui oleh ummat. Tidak dikirimkannya utusan MTQ Karo sudah tentu mencoreng wajah ummat Islam di Kab.Karo.

 

Kedua, menawarkan kepada Kantor Kementerian Agama untuk mereform ( memperbaiki LPTQ apakah kinerjanya atau personilnya). Hal ini sangat perlu. Lembaga inilah yang berperan penting dalam rangka pelaksanaan kegiatan MTQ di Kab.Karo. Kalau selama ini cendrung Kementerian Agama begitu dominan tanpa mengikutsertakan ormas atau tokoh-tokoh Islam maka ke depan ummat harus dilibatkan. Disinilah perlunya peran kemenag untuk berkoordinasi/melibatkan berbagai pihak.

 

Insya Allah pertemuan dengan Kepala Kantor Departemen Agama yang direncanakan pada hari Selasa ( 15 Mei 2012) dapat membuahkan hasil dan semua pihak menyadari kelemahan selama ini.

 

http://erwin-tanjung.blogspot.com/2012/05/membangun-dakwah-dimulai-ketidakhadiran.html


Tags: dakwahkaro
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori :

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website