cool hit counter

PDM Kabupaten Karo - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Karo
.: Home > Berita > Pidato Milad Aisyiyah Ke-98 Kabupaten Karo

Homepage

Pidato Milad Aisyiyah Ke-98 Kabupaten Karo

Selasa, 18-09-2012
Dibaca: 1662

PIDATO MILAD ' AISYIYAHKE-98 KABUPATEN KARO

Dra. Eliwati

( Ketua PD Aisyiyah Kabupaten  Karo )

 

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

 

Syukur Alhamdulillah bahwa pada hari ini kita diberikan kesempatan dan kesehatan oleh Allah Subhana Wataala untuk menghadiri Milad ‘Aisyiyah ke-98 Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Karo.

 

Shalawat dan salam kita sampaikan kepada Rasul Allah Muhammad SAW yang telah mewariskan kepada kita al-Quran dan Hadist sebagai pegangan dan pedoman bagi kita di dunia dan akhirat.

 

Yang kami hormati..

PW ‘Aisyiyah Sumatera Utara

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Karo

Pimpinan Cabang Muhamamdiyah se-Kab.Karo

Pimpinan Daerah, Cabang dan Ranting se-Kabupaten Karo

Bapak/Ibu hadirin yang dirahmati Allah.

 

Alhamdulillah, saat ini Aisyiyah sudah berusia hampir satu abad tepatnya 98 tahun. Perhitungan ini jika berpatokan tahun hijriyah. Aisyiyah yang lahir pada tanggal 27 Rajab 1335H atau bertepatan dengan 19 Mei 1917 M. Jika dihitung dengan tahun masehi usia Aisyiyah sudah berusia 95 tahun.

 

Warga Aisyiyah Kabupaten Karo  dan undangan yang dirahmati Allah..

Hari ini kita berkumpul untuk kembali mengingat sejarah berdirinya ‘Aisyiyah. Sejarah mencatat bahwa berdirinya berdirinyanya ‘Aisyiyah didorong oleh kesadaran bahwa kaum itu sejajar dengan pria dalam berbakti kepada Allah Swt.

 

Hal ini dijelaskan Allah dalam Al-quran Surah An-Nahl ayat 97 :

 

97. Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik[839] dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

 

 

Untuk itu KH Ahmad Dahlan yang juga sekaligus pendirinya ‘Aisyiyah melihat bahwa Muhammadiyah harus menyiapkan wahana untuk membina kaum muslimat/wanita muslim sehingga kaum wanita dapat ikut serta bersama kaum pria menjunjung tinggi agama Islam dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah.

 

Para Undangan dan Warga Aisyiyah Karo yang dirahmati Allah…

Aisyiyah merupakan organisasi perempuan yang bergerak dalam bidang social ,keagamaan dan kemasyarakatan , sejak awal berdirinya tahun 1917 hingga saat ini, komitmen dan kiprahnya untuk memajukan kehidupan masyarakat, bangsa dan dunia kemanusiaan dalam bingkai gerakan amar makrup nahi mungkar tidaklah dapat kita ragukan.

 

Sejarah telah mencatat bahwa peran serta organisasi sayap perempuan Muhamamdiyah ini cukup berarti dalam proses pembaharuan Muhammadiyah dan pembangunan bangsa. Peran serta tersebut terlihat baik secara fungsional maupun secara professional.

 

Untuk saat ini saja TK ‘Aisyiyah sudah berdiri di Tanah Air sudah mencapai 5ribu lebih hal ini belum termasuk play grup, rumah sakit ,lembaga ekonomi dan poliklinik ‘Aisyiyah.Belum

 

Dalam bidang dakwah, tercatat lebih kurang  8 ribu ranting-ranting Aisyiyah yang beridirnya ditingkat desa/kelurahan yang tetap istiqomah dengan keikhlasan memberikan pelayanan dakwah baik bagi warga Aisyiyah maupun wanita muslim umumnya. Mendidik dan mengajar tentang ke-Islaman yang secara rutin dan berkesinambungan.

 

Melihat peran serta yang begitu besar yang dilakukan oleh ‘Aisyiyah, maka sangat wajar saja jika dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh DR.Alwi Shihab ( Mantan Mentri Luar Negeri pada masa Gusdur )  mengatakan bahwa ‘Aisyiyah merupakan sayap gerakan perempuan Muhammadiyah yang paling kondusif dan progresif di dunia muslim manapun.

 

Para Undangan dan Warga Aisyiyah Kabupaten Karo yang dirahmati Allah..

Peran dan gambaran perjuangan ‘Aisyiyah yang kita paparkan di atas juga dilakukan warga ‘Aisyiyah di Kabupaten Karo. Walaupun tidak maksimal, warga ‘Aisyiyah tetap memberikan kontribusinya bagi masyarakat Karo khususnya ummat Islam . Pendidikan TK ABA yg telah berdiri lebih dari 20 tahun, begitu juga dengan gerakan-gerakan sosial dan pencerdasan kaum perempuan sudah dilakukan oleh warga Aisyiyah.

 

Dalam gerakan dakwah selain pembinaan warga Aisyiyah yang secara rutin dilakukan juga memberikan pembinaan yang kontiniu kepada ummat yang membutuhkan pencerahan dakwah. Saat ini ‘Aisyiyah Kab.Karo membina jamaah desa Bulan julu dan desa Singa.

 

Alhamdulillah, gerakan dakwah pembinaan desa ini mendapat sokongan yang penuh dari seluruh pimpinan Aisyiyah mulai dari tingkat daerah sampai ke ranting begitu juga warga Aisyiyah. Hal ini terlihat banyak warga Aisyiyah yang terdaftar sebagai donatur untuk gerakan dakwah ini.

 

Untuk itu pada kesempatan acara Milad ini, PD Aisyiyah Kab.Karo mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh warga Aisyiyah Kab.Karo yang telah berpartisipasi untuk gerakan dakwah ini.

Para Undangan dan warga Aisyiyah yang dirahmati Allah…

 

Milad Aisyiyah ke-98 mengambil tema “ Membangun Karakter Bangsa Melalui Penguatan ekonomi dan Meningkatkan Kesejahteraan Ummat “. Tema ini terasa sangat penting sekali mengingat permasalahan ekonomi dan kesejahteraan ummat terasa ummat islam jauh tertinggal. Kita harus jujur bahwa ummat Islam sangat jauh tertinggal bidang ekonomi begitu juga rendahnya kesejahteraan ummat Islam. Untuk itulah , Kami Pimpinan Daerah Aisyiyah Kab.Karo mengajak kepada seluruh warga Aisyiyah Kab.Karo untuk memberikan masukan bagaimana upaya kita untuk memajukan ekonomi dan kesejahteraan ummat ummat khususnya warga ‘Aisyiyah Kab.Karo.

 

Saat ini majelis Ekonomi kita telah mengelola amal usaha BU EKA. Namun kita sadari bersama belum maksimal. Bidang uyasah garapannya masih terbatass. Untuk itu ke depan mari kita bersama-sama membangun usaha BU EKA ini agar lebih produktif. Di samping itu sudah selayaknya kita berpikir untuk membekali warga Aisyiyah untuk menghidupkan home industry yang dapat menbambah pemasukan bagi keluarga.

 

Samping itu perlu juga kita pikirkan bersama-sama pendirian koperasi untuk warga Aisyiyah. Memang dibeberapa ranting yang kita miliki telah berdiri amal usaha semacam koperasi dan ini mari untuk ditingkat secara maksimal dan benar-benar dirasakan oleh warga Aisyiyah.

 

Namun tidak salah jika ke depan kita berpikir untuk mendirikan koperasi yang didukung oleh semua warga Aisyiyah secara professional dan dapat meningkatkan ekonomi dan meningkat kesejahteraan warga Aisyiyah.

 

Kami yakin kalau kita bersama-sama bekerja , kita akan mampu membuat ‘Aisyiyah Kab.Karo lebih maju dan berperan khususnya dalam bidang meningkatkan kesejahteraan ummat khususnya warga Aisyiyah Kab.Karo.

 

Akhir kata kami mengucapakan “ SELAMAT MILAD AISYIYAH KE-98 SEMOGA ALLAH SWT MEMBERIKAN KITA KEKUATAN, HIDAYAH, KEIKHLASAN, PERTOLONGAN AGAR KITA SEMUA TETAP ISTIQOMAH BERJUANG DI AISYIYAH YANG KITA CINTAI INI “

 

Nasrun Minallah Wa Fathun Qorib

Wa Salamu ‘alaikum Wr.Wb

 

 

 


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website