cool hit counter

PDM Kabupaten Karo - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Karo
.: Home > Artikel

Homepage

LEMAHNYA OPTIMALISASI WEBSITE MUHAMMADIYAH

.: Home > Artikel > PDM
15 Mei 2012 20:22 WIB
Dibaca: 1221
Penulis : Drs.H.Erwin Tanjung

Secara resmi, pengenalan website Muhammadiyah untuk Sumatera Utara mulai tingkat wilayah  sampai daerah pada acara Musyawarah Pimpinan Wilayah ke-1 Muhammadiyah Sumatera utara pada tanggal 29 April 2012 di Kampus UMSU Medan. Website yang dibuat oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam rangka optimalisasi imformasi persyarikatatan bagi warga persyarikatan. Pembuatan website Pimpinan Pusat sekaligus pembuatan subdomainnya mulai tingkat Pimpinan Wilayah sampai subdomain tingkat Pimpinan Daerah dari Sabang sampai Merauke termasuk website Muhammadiyah subdomain PWM Sumatera Utara dan seluruh PDM se-SUmatera Utara. Sudah tentu hal ini sangat menggembirakan. Subdomain website Muhammadiyah dapat dijadikan sebagai sarana imformasi gerak persyarikatan Muhamamdiyah dimanapun nberada.

Pengadaan subdomain website Muhamamdiyah ini tentu sangat menggembirakan baik seluruh tingkatan pimpinan persyarikatan Muhammadiyah apalagi diberi secara gratis. ( hehehe..). Sudah tentu pengadaan website ini sebuah kemajuan pada era informasi teknologi saat ini. Imformasi teknologi (internet ) sudah sesuatu yang biasa ditengah-tengah masyarakat.

Bagi Persyarikatan Muhamamdiyah pengadaan website sampai tingkat daerah tentu memiliki banyak keuntungan,antara lain :

  1. Pimpinan Pusat akan mudah memantau setiap pergerakan Muhammadiyah dimanapun berada.
  2. Website ini sebagai sarana untuk publikasi berbagai kegiatan Muhammadiyah.
  3. Website sebagai sarana pemacu pergerakan Muhamamdiyah, sehingga secara terbuka lewat website ini akan terlihat mana gerakan persyarikatan yang aktif dan mana yang lemah

Permasalahan saat ini, sejak diluncurkannnya program website beserta subdomainnya sampai tingkat daerah ternyata di lapangan tidak mendapat tanggapan positif dalam arti masing-masing subdomain sampai saat ini banyak yang belum difungsikan alias masih kosong.

Subdomain Muhamamdiyah Sumatera Utara

Dalam tulisan yang pendek, kami mencoba melihat keberadaan website Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah Sumatera Utara serta subdomain Pimpinan Daerah Muhamamdiyah se-Sumatera Utara.Secara iseng-iseng ketika membuka website Muhammadiyah Sumatera Utara ternyata sangat memprihatinkan sekali.

Website Muhammadiyah Sumatera Utara memiliki sebanyak 34 subdomain ,yang terdiri dari 1 (satu) untuk PWM Sumatera Utara dan 33 subdomain untuk PDM se-Sumatera Utara. Dari 34 subdomain ini, ternyata hanya 4 (empat) subdomain yang sudah dioperasikan, itupun tidak maksimal. Selebihnya 30 (tiga puluh ) buah subdomain tidak difungsikan sama sekali.

Ke 4 (empat) subdomain website Muhamamdiyah yang sudah difungsikan antara lain :

1. Website PWM Sumatera Utara.

Sampai saat tulisan ini dibuat, Website PWM Sumatera Utara baru mengisi kolom Beranda dengan tulisan Selamat datang di PWM Sumatera Utara serta tulisan tentang kegiatan PP tentang pembuatan KTA online. Kolom lain yang sudah terisi adalah kolom berita yang isinya tentang kegiatan Musyawarah Pimpinan Wilayah ke-1 Muhammadiyah Sumatera Utara yang dilaksanakan pada tanggal 29 April 2012 di Kampus UMSU Medan. Selain itu pada kolom jaringan ( Link) tercantum link Universitas Muhamamdiyah Sumatera Utara dan Suhrawardi Lubis. Secara umum website ini baru mengisi 3 agenda/kolom.

2. Website PDM Labuhan Batu Selatan

PDM Labusel sudah mengisi ruang " Homepage" serta tulisan memperkenalkan website PDM Labusel dan berita tentang musypimwil ke-1 Muhammadiyah Sumatera Utara serta kontak person pengelola website PDM Labusel. Pada runag Profil , PDM Labusel sudah mengisi dengan imformasi tentang alamat PDM,PCM sampai PRM yang dimiliki. Pada ruang AD/ART PDM Labusel mengisi dengan AD/ART Muhammadiyah. Sedangkan pada kolom Link, PDM Labusel mencantumkan link Muhammadiyah Tebing Tinggi, Suhrawardi Lubis, Universitas Muhamamdiyah Sumatera Utara,Muhammadiyah Karo dan Blog Erwin Tanjung. Pada bagian koilom Sejarah, PDM Labusel menulis tentang kronologis beberapa peristiwa penting Muhammadiyah Labuhan Batu Selatan. Jadi PDM Labusel sudah mengisi sebanyak 5 ruang pada websitenya.

3. Website PDM Mandailing Natal

PDM Mandaling Natal pada Homepage mencantumkan tentang nama-nama pengurus PDM Mandailing Natal. Pada galeri foto dicantumkan foto dokumentasi ta'aruf. Pada papan website (banner ) telah diubah menjadi dengan mencantumkan banner foto dan logo-logo Muhamamdiyah dan ortom serta disudut kirinya foto Ketua PDM Mandailing Natal ( M.Yusuf Nasution ). Secara umum sampaiu saat ini baru 2 (dua) runag yang diisi.

4. Website PDM Karo

Secara umum website PDM Karo lebih banyak mengoptimalkan web yang dimilikinya. Pada home page tertulis ucapan selamat datang di Website PDM Karo dengan menampilkan foto profil PD Muhamamdiyah dan Aisyiyah masa bakti 2010-2015. Disamping itu papan web (banner) telah diubah dengan menampilkan foto PDM Karo yang didampingi oleh Ketua PWM Sumatera Utara. Pada kolom profil , PDM Karo mengcofy propil PP dengan mengubah sesuai dengan kondisi yang sesuai dengan PDM Karo.

Pada ruang Struktur Organisasi, PDM Karo mencantumkan susunan kepengurusan PDM Karo dan PDA Kab.Karo masa Bakti 2010-2015. Pada Direktori Ketua , PDM Karo menampilkan 4 (empat) mantan Ketua PD Muhamamdiyah Kab.Karo, dan baru satu yang tertulis secara lengkap yaitu Drs.H.Erwin Tanjung sedangkan 3 mantan Ketua PDM lainnya baru pemasangan foto. ( Insya Allah ..keterangannya akan nyusul )

Pada Direktori Dakwah Khutbah Jumat dicantumkan tulisan Hartono Jaiz yang dicopy pasta (hehehe..) dengan judul 3 Golongan Perusak Iman. Pada kolom artikel, PDM Karo sudah menuklis sebanyak 3 buah artikel ( termasuk tulisan yang dibaca saat ini ).Untuk kolom berita ada sebanyak  5 buah berita yang tercantum.

Pada kolom link website tercantum link blog Suara Muhammadiyah Karo dan Catatan Erwin Tanjung. Pada kolom Galeri foto tercantum beberapa dokumentasi kegiatan baik Muhammadiyah,Aisyiyah dan AMM serta Galeri video tentang Muhamamdiyah .Karo

Kesimpulan

Dengan data di atas, pengoperasian subdomain Muhamamdiyah Sumatera Utara masih lemah,baru sekitar 10% ( 4 dari 34 ). Itu artinya harus ada upaya PWM Sumatera Utara untuk mensosialisasikan pengoperasian website Muhammadiyah sampai ke tingkat pimpinan daerah. PD Muhammadiyah se-Sumatera Utara harus dipacu untuk memanfaatkan web ini dengan memberdayakan SDM yang ada. Untuk itulah ini tugas kita semua mulai.

Semoga


Tags: Muhammadiyahkaro
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori :

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website